PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51792/scq20q08Keywords:
Interactive Learning,, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran interaktif melalui model Problem Based Learning (PBL) di SDN Srondol Wetan 04 Kota Semarang dan dampaknya terhadap aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendekatan kualitatif digunakan dengan subjek guru kelas dan siswa, melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa, motivasi belajar, dan prestasi akademik di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Model PBL efektif menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, serta nilai-nilai demokratis melalui kolaborasi kelompok. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa secara konstruktif dalam proses diskusi dan eksplorasi ide. Studi ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis PBL merupakan strategi inovatif dan relevan untuk membangun pondasi kompetensi kognitif, sosial, dan karakter siswa sekolah dasar pada era abad 21.



